-->

Masalah terkadang membuat kita tumbuh. untuk explore tentang solusi

Recents in Beach

Motivasi Menulis

OVERCLOCKING SOCKET LGA775

disini aku coba bahas tentang overclocking socket LGA775 yaitu socket motherboard nya untuk procie intel seperti contoh core 2 duo, yang dulunya sempat tenar di tanah air. fungsi dari overclock itu sendiri adalah mulpenaikan clock dan multiplier,FSB,hingga cara menstabilkan clock rate di beberapa jenis processor.
tapi harus di ingat proses overclocking ada proses TRIAL AND ERROR  
overclocking yang maksimal cuma bisa di dapat kalo kita melakukannya secara bertahap. dengan memperhatikan kestabilan piranti-piranti pendukung lainnya..jika sudah siap kita akan mulai overclock pada processor,
Hal-hal yang harus diperhatikan sewaktu overclock sebuah processor.
  • Memperkirakan jumlah daya yang digunakan komputer.
    Salah satu hal yang paling penting dalam overclocking,karena salah perkiraan pemakaian daya akan berakibat fatal pada komponen komputer lainnya.Selain itu,PSU yang digunakan juga harus memiliki efisiensi 80% bronze dan Active PFC untuk menghindari masalah pada penggunaan daya.
  • Mengecek aliran udara casing dan kipas processor
    Sebuah fan processor bawaan biasanya tidak mendukung sistem airflow yang baik,sehingga diperlukan pengecekan terhadap aliran udara pembuangan panas processor. Panas yang terkumpul di dalam casing dapat menyebabkan processor dan komponen lainnya akan mengalami panas yang berlebihan dan mengakibatkan komputer Anda akan restart mendadak. Disarankan untuk menggunakan kipas pendingin yang bukan bawaan dari Intel untuk performa overclocking yang optimal.
  • Menggunakan BIOS yang mampu melakukan overclocking
    Tidak semua BIOS dapat di-overclock,khususnya untuk PC Built-up,karena umumnya fitur overclock pada komputer built-up telah dikunci. Oleh karena itu,ada baiknya untuk mengecek buku manual motherboard untuk memastikan bahwa motherboard tersebut sudah didukung dengan fitur overclock atau tidak


Untuk masuk ke dalam settingan overclock,Anda harus masuk ke dalam setup BIOS. Pada sample motherboard ini,bagian overclocking terdapat di menu M.I.T. (Motherboard Intelligent Tweaker). Di bagian MIT terletak semua settingan clock processor,PCI-E dan RAM. Untuk overclock processor,hal-hal yang perlu dilihat adalah di bagian clock ratio,multiplier dan voltase processor. Pertama-tama,set voltase processor dari "auto" ke "manual" (jika kurang yakin dengan settingan manual,lebih baik set ke auto,tetapi akan berakibat ke hasil overclock yang kurang maksimal). Setelah itu,masukkan multiplier clock ratio processor Anda. Setelah dimasukkan ke nilai yang sesuai,sekarang masukkan clock ratio ke nilai yang sesuai. Perlu dilihat juga,bahwa penaikan clock speed tidak harus signifikan,karena dapat berakibat fatal ke BIOS dan sistem operasi.
Setelah itu,masuk ke bagian RAM divider dan frequency. Jika Anda tidak menginginkan pengubahan manual pada frequency,tinggal menyetelnya ke "Auto".
Setelah semuanya dioptimalkan,restart BIOS Anda dan masuk ke sistem operasi yang ada. Pada bagian ini,sangat disarankan untuk melakukan benchmark untuk mengetes kestabilan komputer. Selain itu,benchmark juga mengecek apakah komputer dalam keadaan yang lebih baik,atau malah semakin buruk. Jika tidak ada masalah selama benchmark dan pengetesan,maka komputer Anda sudah stabil di-overclock. Tetapi,bukan berarti komputer Anda sudah aman sepenuhnya. Ada baiknya untuk melakukan benchmark secara rutin agar komponen komputer dapat dipastikan stabil.
Labels: KOMPUTER

Thanks for reading OVERCLOCKING SOCKET LGA775. Please share...!

0 Komentar untuk "OVERCLOCKING SOCKET LGA775"

Back To Top